Rabu, 11 Desember 2013

Komunitas Seni Lima Nol Satu Palembang jadi ada di KALA SUMATERA

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Gelar karya panggung perempuan se-Sumatera, Kala Sumatera III yang digagas Teater Satu bekerjasama dengan organisasi nirlaba asal Belanda HIVOS diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi antar penggiat teater se-Sumatera.
Hal ini ditegaskan Iswadi Pratama Pimpinan Teater Satu saat memberikan sambutan dalam pembukaan Gelar karya panggung perempuan se-Sumatera, Kala Sumatera IIIn di Teater Tertutup Taman Budaya Lampung, Selasa (9/12/2013).
Dengan gamblang  Iswadi bahkan menegaskan, tanpa cinta dan ketulusan hati, kegiatan tahunan ini tidak akan pernah terwujud. Terlebih dalam acara ini, sejumlah kelompok teater datang dari lokasi yang cukup jauh lengkap dengan aneka properti yang mereka siapkan.
"Saya pribadi ucapkan selamat datang bagi kelompok teater yang hadir. Tentu tidak mudah bagi kawan-kawan untuk datang kesini di acara Kala Sumatera III," papar dia memberikan penghargaan.
"Jika tidak tanpa cinta kalian jelas engga akan sampai kesini. Walau dua atau tiga yang main, saya tahu properti kalian kadang udah seperti pindahan rumah. Ini kan luarbiasa bisa hadir disini dan menyambung silaturahmi bersama," imbuh Iswadi.
Pria yang berperan dalam membidani lahirnya teater satu tahun 1996 silam itu juga memberikan apresiasi bagi penggiat teater yang ambil bagian Kala Sumater III. Sebab menurut Iswadi, dari event ini akan banyak nilai lebih yang bisa dibawa pulang dan dibagi kepada rekan penggiat teater di daerah masing-masing.

"Nilai lebihnya. Kalian yang datang kesini dengan penuh cinta, kawan-kawan kelak akan membawa pulang kekayaan yang luarbiasa banyak, bukan materi ya. Tapi semangat menjaga silaturahmi dan pulang dengan kekayaan batin dan spiritual dari bertemu banyak orang disini," tegas dia.
Namun yang paling utama, Iswadi tentu tidak lupa bahwa gelaran yang memasuki tahun ketiga ini dihelat demi menghidupi dunia teater di Lampung pada khususnya dan nusantara pada umumnya.
"Semua ini kita lakukan untuk kehidupan teater. Hanya anak teater yang paham ini, karena ini terkait sikap dan pembentukan karakter," pungkasnya.
Diketahui tidak kurang sepuluh kelompok teater ambil bagian dalam gelar karya panggung perempuan se-Sumatera Kala Sumater III. Diantaranya yaitu Impas STAIN Metro, UKM FKIP Unila, Teater Rumah Mata Medan, Sambilan Ruang Padang Panjang, Teater Tonggak Jambi, Teater Selembayung Riau, Teater Kentroeng Rock n Roll Solo, Teater Komunitas Seni Lima Nol Satu Palembang, Teater Kedai Proses Bengkulu, dan Teater Satu Lampung.
Mereka silih berganti akan menampilkan karya yang diadaptasi dari naskah drama lokal maupun internasional. Penampilan tersebut berlangsung sejak 10-14 Desember 2013 di teater tertutup Taman Budaya Lampung pada pukul 14.00. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;