Jumat, 26 April 2013

Menjadi Ibu Itu Membanggakan


Mendapatkan ilmu pendidikan yang baik menjadi hak setiap manusia, baik laki-laki maupun perempuan. Ilmu adalah bekal hidup kita, sebab tanpa ilmu tentu akan banyak sekali kesalahan yang mungkin akan kita lakukan. Dengan pendidikan kita akan mendapatkan ilmu, dan dengan ilmu kita akan mengetahui banyak hal. Misalnya, ilmu dalam mendidik anak-anak sebagai generasi penerus bangsa, ada anak yang jadi salah asuh karena mungkin orang tuanya kurang paham atau bahkan sama sekali tidak tahu cara mendidik anak. Oleh karena itu memiliki ilmu pendidikan itu sangatlah penting, apalagi ilmu agama.
            Dewasa ini kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang layak terbuka seluas-luasnya antara laki-laki dan perempuan. Dibanyak kesempatan ada perempuan yang terlihat lebih unggul dalam hal pendidikan, sukses dalam karir melebihi laki-laki. Tentu  saja hal tersebut sangat membanggakan. Akan tetapi ketika perempuan harus menikah, maka akan muncul benturan ketika sang suami memintanya berhenti berkarir dan diam dirumah mengurus keluarga, padahal kamu memiliki pendidikan tinggi S1,S2,bahkan S3. Hal tersebut menjadi sangat dilematis, butuh pemikiran yang cerdas untuk menyikapinya. Akan tetapi apakah kita rela bila anak-anak kita diasuh oleh pembantu sementara kita sibuk berkarir diluar?
 Kehadiran seorang wanita dalam sebuah rumah tangga, menjadi istri dan ibu yang baik bagi anak-anaknya memiliki makna yang sangat penting. Wanita sangat dibutuhkan oleh banyak manusia dalam semua peringkat usia. Dimana wanita saat ia menjadi anak begitu menyenangkan, menjadi saudara mendamaikan. Sebagai teman ia penasehat yang ikhlas, sebagai istri dia sangat menginspirasi, dan menjadi ibu dia adalah pendidik yang cerdas.
Dari sudut pandang agama, perempuan yang berada dirumah mengurus keluarga merupakan rangkaian beribadah kepada Tuhan. Tumbuh kembangnya generasi penerus bangsa pada mulanya ada dalam asuhan para perempuan. Tidak boleh seorang perempuan keluar rumah mengejar karir dan meninggalkan anak-anaknya bersama pembantu, karena seorang ibu lebih memahami apa saja yang menjadi kebutuhan anak-anaknya, ia juga lebih mengerti apa yang terbaik untuk anaknya terkait masalah arahan dan pendidikan sang anak. Dalam hal ini sangat jelas tentunya bahwa kewajiban perempuan dalam memperbaiki masyarakat. Peranan perempuan dalam keluarga menjadi sangat penting, karena dengan ia memperhatikan pendidikan yang baik bagi anak-anaknya berarti perempuan tengah membantu pemerintah dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa yang baik.
Menjadi sukses dalam pendidikan dan pekerjaan adalah impian setiap orang. Akan tetapi perempuan yang berada dirumah, mengurus suami dan anak-anaknya bukan berarti pengangguran. Perempuan yang berada dirumah, menjaga kehormatannya, menjaga suaminya sehingga menjadi keluarga sakinah, menjaga pendidikan anak-anaknya hingga menjadi anak-anak yang berbakti dan berguna bagi masyarakat banyak, tetap dapat mencapai kesuksesan intelektualnya dari dalam rumah. Bagi perempuan yang tetap ingin bekerja sambil mengurus keluarga, ada banyak macam pekerjaan yang dapat dilakukan dari dalam rumah. Misalnya membuka usaha penyewaan pelaminan, membuka warung sembako di rumah, membuat bisnis online, mendirikan PAUD di rumah, membuka bisnis catering di rumah, membuka usaha konveksi.
Membuka usaha di rumah sambil memperhatikan pendidikan anak-anaknya merupakan hal yang membanggakan bagi seorang perempuan. Dengan demikian keutuhan kelurga tetap terjaga, kesuksesan tetap dapat dicapai, dan peluang membuka kesempatan pekerjaan bagi masyarakat terbentang luas. Tentu saja pendidikan tinggi yang telah di tempuh selama bertahun-tahun tersebut tidak akan menjadi sia-sia, meskipun tidak menjadi wanita karir dikantoran.
Saat perempuan memilih tinggal di rumah sepenuhnya, mengambil tanggung jawab penuh sebagai pendidik bagi anak-ananknya, menjadi pelayan bagi seluruh keluarga, menjadi istri yang baik bagi suaminya, maka saat itu pula ia menjadi perempuan luar biasa yang membanggakan. Bukan pekerjaan mudah untuk menjadi guru, perencana keuangan keluarga, koki, istri, ibu dalam waktu bersamaan. Hanya perempuan-perempuan luar biasalah yang dapat melakukan itu semua. Pendidikan yang tinggi memang sangat penting bagi perempuan, karena dari seorang perempuanlah akan lahir generasi penerus banga. Untuk menciptakan generasi-generasi yang berkualitas, tentu dibutuhkan seorang pendidik yang juga berkualitas. Bukan hal yang berlebihan bila muncul anggapan  yang menyatakan bahwa “ di balik kehebatan orang-orang besar, ada peran ibu yang juga sangat besar”. Masa depan suatu bangsa itu ada di tangan seorang ibu, oleh karenanya sangat dibutuhkan ibu yang juga berkualitas.
__________________________________________________


1 komentar:

ekabanban mengatakan...

keren... (y)

Posting Komentar

 
;